Sejarah Makam Imam Bukhari Uzbekistan

Sejarah Makam Imam Bukhari Uzbekistan – Presiden Sukarno begitu sangat legendaris bagi masyarakat Uzbekistan. Kelegendarisan Bung Karno bagi mereka ini berkaitan dengan kisah ditemukannya makam Imam Bukhari, perawi hadis paling tersohor. Sejarah Sukarno dengan bangsa Uzbekistan dimulai ketika paska Konferensi Asia Afrika pada 1955. Pemerintah Soviet mengundang Presiden Sukarno untuk melakukan kunjungan kenegaraan ke Moskow.

Saat itu, Sukarno sadar, sebagai Presiden Indonesia yang dianggap sebagai pemimpin negara-negara Non Blok harus bersikap netral terhadap Blok Timur maupun Blok Barat. Tapi pada sisi lain, Sukarno juga menyadari bahwa Indonesia butuh dukungan Soviet untuk melegitimasi eksistensi negara-negara non-blok dan kesepakatan yang telah dicapai dalam Konferensi Asia Afrika I 1955.

Sukarno juga menyadari membutuhkan dukungan Soviet untuk menghadapi berbagai upaya negara-negara Barat yang masih terus berusaha menjajah dan menguasai kembali Indonesia. Sementara itu, Sukarno mafhum bahwa mayoritas masyarakat Indonesia adalah beragama Islam sehingga tidak mungkin Indonesia akan ikut blok timur yang dipimpin negara komunis Uni Soviet.

Situasi itu yang oleh Sukarno disiasati dengan sangat cerdas dengan mengajukan syarat atas rencananya memenuhi undangan Pemerintah Soviet dengan meminta dicarikan/ditemukan makam Imam Bukhari seorang perawi Nabi Muhammad SAW yang amat termasyhur itu. Kata Sukarno kepada pemimpin Uni Soviet saat itu, Nikita Krushchev, “Aku sangat ingin menziarahinya.”

Menurut Israil, muazin Masjid Imam Bukhari, menjelang kedatangan Bung Karno pada 1956, kondisi makam tidak terawat dengan baik dan berada di semak belukar hingga akhirnya pemerintah Soviet membersihkan dan memugar makam tersebut untuk menyambut kedatangan Sukarno. Penghormatan Sukarno terhadap Imam Bukhari dilakukan dengan cara melepas sepatu dan berjalan merangkak dari pintu depan menuju makam ketika turun dari mobil yang mengantarnya.

Baca Juga :  Promo Ziarah Makam Imam Bukhari Uzbekistan 2024

“Presiden Sukarno merangkak menuju makam lalu memanjatkan doa dan dilanjutkan sholat serta membaca Alquran,” kata Israil. Keterangan tersebut diperkuat Muhammad Maksud, penjaga makam Imam Bukhari, bahwa atas jasa Presiden Sukarno, kompleks makam Imam Bukhari kini dipugar hingga terlihat sangat megah seperti saat ini. Sehingga, kompleks makam seluas 10 hektare ini menjadi wisata bagi umat Islam di dunia setelah makam Nabi Muhammad SAW di Madinah. Hal tersebut terungkap dalam kunjungan Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah beserta rombongan ke Uzbekistan. Kunjungan dalam rangka memperkuat hubungan kedua negara.

Sumber : khazanah.republika.co.id

Itinerary Wisata Tour Uzbekistan 8 Hari

HARI 1 :
JAKARTA – TASKHENT

Take off dari Jakarta dengan Pesawat Uzbekistan Airways menuju Tashkent.

HARI 2 :
TASHKENT – BUKHARA (DOMESTIC FLIGHT

Tiba di bandara Tashkent, staff kami siap menyambut kemudian, penerbangan ke Bukhara. Mengunjungi Citadel Ark dinasti Ismail Samanids abad 9-10. Sumur Nabi Ayyub. Makan siang di lokal restoran. Mengunjungi Masjid Bolo-Hauz dengan 40 tiang, Madrasah Nodir Divan Begi, Poi Kalon complek kuno dari abad 12-16M. Masjid Kalon dan madrasah Mir Arab. Makan malam dan menginap di Bukhara.

HARI 3 :
BUKHARA – SAMARKAND

Setelah sarapan perjalanan ke Samarkand mengunjungi Kompleks Syeikh Bahauddin Naqshabandi (makam) Pendiri Tariqat Naqshabandi juga ahli sufi terkenal. singgah makan siang dalam perjalanan, Tiba di Samarkand terus ke Kompleks Imam Al Bukhari dan ziarah makam Imam Al Bukhari. Makan Malam dan menginap di Samarkand

HARI 4 :
SAMARKAND

Sarapan pagi di hotel, mengunjungi Registan Square (dikelilingi Madrasah Ulugbek, Tilla-Kori dan SherDor) Kompleks makam unik Shakhi-Zindeh (makam Qusam Ibnu Abbas, sepupu Rasulullah SAW) Makam Gur Emir (Amir Timur) Pahlawan Uzbek tersohor. Makan Siang di Samarkand Pilav Center, Masjid Bibi Khanum, berbelanja di Siab Bazar Makan malam dan menginap di Samarkand.

Baca Juga :  Promo Ziarah Makam Imam Bukhari Uzbekistan 2024

HARI 5 :
SAMARKAND – TASHKENT

Sarapan di hotel. mengunjungi Ulughbek observatory, yang telah dibangun sendiri oleh Ulughbek ahli astronomi terkenal, beliau merupakan cucu Amir Timur yang memerintah Samarkand selama 40 tahun. mengunjungi makam Nabi Daniel, yang telah dibangun oleh Amir Timur pada abad ke 15 Makan siang di restoran lokal. Transfer ke Stasiun kereta api menuju Tashkent, pukul 17.30 dengan kereta api cepat “Afrasiob” sambil menikati pemandangan indah ladang petani dan pemandangan gunung pukul 19.40 petang Tiba di Tashkent Makan malam di restoran lokal check in hotel dan menginap di Tashkent.

HARI 6 :
TASHKENT – MT. CHIMGAN

Sarapan di hotel. Transfer ke Gunung Chimgan, Tiba di puncak Beldersay dengan lift kerusi, menikmati pemandangan di atas gunung sambil berjalan berfoto, Makan siang di local restoran Singgah di Charvak Lakeside untuk waktu bebas menikmati air (mengikuti musim). Kembali ke Tashkent. Ke Chorsu Bazar untuk berbelanja, makan malam dan menginap di Tashkent.

HARI 7 :
TASHKENT

Sarapan di hotel. mengunjungi Independence Square. menaiki Tashkent Metro (underground) satu satunya kereta api bawah tanah di Central Asia. Makan siang di Tashkent Pilav Center mengunjungi ke Kompleks Khasti Imam, Masjid Tilla Sheikh, Muzium Al Quran “Quran Uthmani” salinan Al-Quran tertua di dunia yang berasal dari abad ke-8 Madrasah Barak Khan, Makam Kaffal Shashi, belanja di Mall Samarqand Darvoza. Makan malam dan menginap di Tashkent.

HARI 8 :
TASHKENT – JAKARTA

Sarapan pagi di hotel, Transfer menuju Bandara Tashkent meninggalkan Uzbekistan untuk perjalanan pulang menggunakan pesawat Uzbekistan Airways menuju Jakarta, sampai jumpa di Tour berikutnya.

Noted: Jadwal perjalanan dapat berubah sewaktu-waktu

Harga Tour Uzbekistan

Including:

  • International flight ticket
  • Assistant At The Airport On Arrival & Departure
  • Deluxe A/C Coach with WiFi
  • Professional Escort Guide.
  • Meals Full Board
  • Entrance Fees At All The Above Mentioned Sites.
  • Mineral Water In Bus & During Meals.
  • Accommodation Hotel
Baca Juga :  Promo Ziarah Makam Imam Bukhari Uzbekistan 2024

Excluding:

  • Pengeluaran pribadi (Mini Bar, Laundry, Internet, Telephone)
  • Tipping : $ 60
  • Asuransi : $ 27
  • Optionals Tour
  • Biaya lain-lain yang tidak tertera di dalam PAKET

Catatan :
Biaya, Akomodasi dan Itinerary dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya sesuai dengan keadaan.

Untuk konsultasi Paket Tour Uzbekistan silahkan langsung menghubungi :